Rabu, 13 Agustus 2014

peta penjelajahan samudra



1  Buatlah Peta penjelajahan Samudra: Kelompok 1 peta perjalanan Columbus


pap sejarah dongss



2.    Analisislah bagaimana dampak perjelajahan samudra Bangsa Spanyol ke Barat dan Bangsa Portugal ke timur.
Dampak penjelajahan samudra dan penemuan daerah baru yakni berupa sisi positif dan negatif, sisi postifnya antara lain yakni adanya uji coba terhadap kebenaran suatu ilmu pengetahuan. Seperti pembuktian terhadap kebenaran bumi bulat serta penerapan ilmu-ilmu Navigasi dan maritim yang berguna bagi duniapelayaran hingga saat ini, berkembangnya agama katolik dan protestan. Di berbagai belahan dunia. Yang di bawa dan disebarkan oleh para penjelajah dan penemu daerah baru ( Gospel ). Serta berubanya pola perdagangan yang semula bersumber langsung dari daerah asal menjadi sistem perdagangab transito yang mengakibatkan berbaurnya kebudayaan lokal dengan kebudayaan yang baru atau asing yang dibawa oleh para pejelajah samudra terserbut. 

Namun semua sisi baik atau positif tersebut tidak terbayar mahal dengan sisi negatif yang ditimbulkan oleh penjelajahan samudra dan penemuan daerah baru tersebut segi negatifnya yakni kebencian terhadap kaum muslim. Dilandasi Semangat reconguesta, yaitu semangat pembalasan terhadap kekuasaan Islam di mana pun yang dijumpainya sebagai tindak lanjut dari Perang Salib. Selain itu dampak atau sisi negatif lain dari penjelajahan dan penemuan daerah baru yakni adanya suatu faham yang berkembang dan cenderung menyimpang yakni Kolonialisme dan Imperialisme dimana pengertiannya bahwa Kolonialisme adalah suatu usaha untuk melakukan system permukiman warga dari suatu Negara diluar wilayah Negara induknya atau Negara asalnya.sedangakan Imperialismesendiri adalah usaha memperluas wilayah kekuasaan atau jajahan untuk mendirikan imperium atau kekaisaran. Atau secara implisit dapat diartiakan sebagai sebuah penjajahan yang dilakukan oleh bangsa barat terhadap bangsa atau daerah baru yang telah ditemukan bahkan dikuasainya baik secara moril ataupun materil atau kekayaan dan eksploitasi terhadap kekayaan alamnya. Dengan semboyan Glory dan Goldnya. Disamping monopoli perdagangan yang diterapkanya


3.    Bagaimana dampak Penjelajahan Samudra bagi bangsa Indonesia?
a.    Agama mulai tersebar di Indonesia dan Banyak pedagang berdatangan
b.     Bangsa asing jadi tertarik dengan kekayaan alam yang dimiliki in donesia pada saat itu,maka bangsa asing ingin menguasai seluruh kekayaan alam tersebut.


4.    Apa 2 peran tokoh dibawah ini dalam penjelajahan samudra

  
 


a)    Ferdinand Magelhaens (Magellan) :mengisahkan perjalanan Magelhaens-del Cano mengelilingi dunia yang membuktikan bahwa bumi itu bulat seperti bola.Magelhaens dianggap sebagai orang besar dalam dunia pelayaran karena menjadi orang yang pertama kali berhasil mengelilingi dunia
b)    Christopher Columbus : Columbus mulai berlayar mencari sumber rempah-rempah di dunia Timur.Benua Amerika adalah Christopher Columbus.
c)    Cornelis de Houtman : Pada tahun 1595, de Houtman dengan empat buah kapal yang memuat 249 orang awak beserta 64 meriam, memimpin pelayaran mencari daerah asal rempah-rempah ke arah Timur mengambil jalur seperti yang ditempuh Portugis. Pada tahun 1596 Cornelis de Houtman bersama rombongan sampai di Indonesia dan mendarat di Banten.


1 komentar:

  1. How to make money with PokerStars PokerStars in 2021 - Work
    How to make 바카라 사이트 money หาเงินออนไลน์ with PokerStars PokerStars in 2021. We cover all septcasino the basics. pokerstars rakeback and rakeback bonuses · PokerStars Live dealers and bonuses.

    BalasHapus